Mengenal DSCVR, Media Sosial Yang Berjalan Di Web 3.0


 
Image source: logo-dscvr

Sampai saat ini dan untuk sebagian besar pengguna media sosial, web 3.0 masih terasa asing. Nama-nama baru yang banyak menyebut informasi, - misalnya, tentang blockchain, Bitcoin, mata uang crypto dan lainnya adalah nama-nama yang jarang di ketahui dalam kosakata akun sosial mereka.

Media apapun yang umum dilihat pengguna sekarang adalah internet yang berjalan di web 2.0. Jika Anda memiliki akun Facebook, Tik Tok atau Instagram, atau mungkin akun sosial terkenal lainnya, mereka, - media ini, adalah layanan internet sosial pertemanan terpusat yang berjalan di web 2.0. Lalu apa itu DSCVR?

Apa perbedaan media sosial pada web 2.0 dan web 3.0? Dan apa pula kelebihan web 3.0 dari web 2.0? 

Web 3.0 adalah Tehnologi Baru Internet

Kadang-kadang, penulisan web 3.0 dapat dijumpai sebagai "WEB3" atau "web3". Yang pertama huruf kapital semua sedangkan yang berikutnya hanya huruf kecil biasa. Meskipun berbeda penulisannya, keduanya memilki makna yang sama. Jika nanti Anda menemukan situs yang memberi informasi tentang blockchain atau cryptocurrency lalu membaca salah satu artikelnya, Anda mungkin akan menemui kata tersebut, WEB3 atau web3.

Web 3.0 didefinisikan sebagai tehnologi baru di internet yang dikenal dengan nama Blockchain. Tehnologi ini dapat diakses dengan bebas, - asalkan tersedia kuota internet, dan tidak bergantung kepada layanan pusat. Data Anda sebagai pengguna  di layanan web 3.0, (apapun nanti), tetap pribadi karena Anda sendiri yang menyimpannya di laptop Anda. Tidak ada layanan pusat dapat berarti tidak ada layanan online tertentu yang menyimpan data Anda sebagai pengguna.

Sedangkan web 2.0, ini adalah tempat dimana satu persatu perusahaan berbasis digital/online berada. Dan, setiap perusahaan ini memiliki kendali penuh akan data penggunanya. Agar lebih mudah memahami perbedaan web 2.0 dan web 3.0, baca juga artikel yang berjudul: Web 3.0 Di Blockchain ICP, pada bagian " Generasi Web 1, Web 2 dan Web 3". 

Apa Itu DSCVR?

DSCVR singkatan dari DISCOVERY. Ini adalah platform media sosial di blockchain. Web 3.0 adalah nama lain dari blockchain. Secara mudah, DSCVR serupa dengan media sosial pada umumnya, namun berbeda penggunaannya sebagai tempat orang-orang berbagi banyak hal. Pada platform sosial umum saat ini, yang menjadi server pusat adalah perangkat/komputer yang dimiliki oleh satu orang, atau - katakanlah satu perusahaan. Tetapi di DSCVR, setiap orang dengan perangkat yang terhubung ke internet dapat membuat dan mengelola server sendiri, tanpa ada pihak ketiga yang terlibat.

Jika Anda saat ini menggunakan HP/laptop Anda untuk mengakses internet lalu login ke platform sosial web 3.0 yaitu DSCVR, maka Anda tidak lagi terikat dengan layanan apapun. Anda hanya mengunjungi layanan  yang sebenarnya sudah Anda buat dalam satu nama di bawah kendali Anda. DSCVR sekedar menghubungkan komputer Anda ke jaringan web 3.0 melalui protokol blockchain Internet Komputer (ICP).

Sebagai media sosial terdesentralisasi, DSCVR menjadi tempat bagi Anda untuk menciptakan konten/NFT yang sepenuhnya Anda miliki dan kendalikan. Melalui channel yang ada pada "Portal", Anda dapat memulai   membuat nama merk bagi komunitas yang Anda kendalikan.

Bayangkan Anda setiap hari membagikan informasi tentang traveling di akun sosial saat ini. Ketika orang lain ingin melihat profil Anda, mereka dengan mudah mendapatkan informasi itu. Jika pengguna banyak memberi Anda dukungan terkait konten yang Anda jelaskan, dukungan ini menjadi suara positif untuk menentukan arah selanjutnya dari informasi di bawah.

Cara Kerja DSCVR

DSCVR adalah web sosial terdesentralisasi yang berbasis komunitas. Ada orang-orang ahli bahasa program, penulis, pedagang, pembuat kursi kayu, peternak ikan koi, dan banyak lagi. Di sana di tempat yang sama sebagai komunitas, setiap pengguna dapat menuangkan ide baru yang dapat didukung.

Dari informasi tentang konsep pertama, mereka yang membuat ide ini mengatakan bahwa "kekuatan di tangan pengguna dan mengizinkan mereka untuk menentukan nasib platform. Orang yang paling mencintai, menggunakan, dan peduli dengan platform ini adalah orang yang sama yang mengendalikannya. Di DSCVR, kami berupaya mewujudkan masa depan ini".

Lalu kemudian, Sistem Pemerintahan dan tata kelola akan memainkan peran kunci dalam mencapai tujuan utama ini. Apa tujuan utamanya? Desentralisasi atas nama Anda sebagai pengguna DSCVR. Perhatikan bahwa kata "Sistem Pemerintahan" di halaman ini bukanlah pemerintahan dari suatu negara di kehidupan nyata. Bukan itu maksudnya. Ini adalah istilah untuk bahasa program komputer yang menjadi bagian dari tehnologi Blockchain.

Selanjutnya di sampaikan bahwa model tata kelola platform dimulai dengan 2 konsep yang sederhana, (1) Anda sebagai pengguna mendapatkan hak tata kelola, (2) Suara positif memberi Anda suara.

1. Ketika Anda mendapatkan hak tata kelola, itu adalah awal untuk membuka yang dengan hak tersebut, Anda dapat membuat keputusan produk untuk memandu kemana arah platform berikutnya. Ini serupa dengan Anda menciptakan lapangan kerja menggunakan brand Anda sendiri.

2. Suara positif memberi Anda suara. Apa maksudnya? Di akun sosial umumnya, ketika  ada "Like" dari postingan Anda, apa selanjutnya yang bisa Anda buat?. 1000 orang yang mengklik "Like", mungkin hanya sebatas jumlah orang yang suka, yang mewakili apresiasi mereka. Tidak ada yang lebih.

Jika anggota komunitas DSCVR yang paling berharga dan berdedikasi adalah Anda, mungkin kendali platform baru ini ada di tangan Anda. Tidak memandang bahwa Anda adalah pengguna yang hanya sebagai pedagang bunga, atau pembuat asesories dari kertas, Anda akan memandu masa depan "Portal" di DSCVR.

Bayangkan Anda mendapatkan hak, dengan menerima suara positif pada postingan, komentar dan portal yang Anda kelola dan buat. Lalu, Anda dapat membuat satu keputusan untuk memberi sesuatu yang berharga dalam bentuk NFT, airdrop atau token kripto.

Masih ada detail yang lain?

Jika Anda merasa pusing dalam memahami konsep media sosial di web 3.0 ini, itu tidak masalah. Anda hanya perlu membuka kembali jendela saat udara di ruangan terasa   tidak nyaman. Sisanya, Anda dapat memulai membuat konten di akun sosial yang Anda dapati setiap hari, atau melakukan rutinitas seperti biasanya. Mungkin masih ada perbedaan dan kekurangan dari yang sebagian besar detailnya ada pada platform utama, namun setidaknya, Anda dapat membuat pemahaman dan memiliki kata ganti untuk memulai dari mana.


Comments

Popular Post

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Cara Masuk Ke BIOS Laptop Lenovo B490 20207

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan


Contact Form

Name

Email *

Message *