Cara Membuat Kata Sandi Folder Pribadi Di HP Anda



Anda pasti ingin agar file dan data di perangkat selalu aman. Kebiasaan kecil yang seringkali dilupakan pengguna tapi jarang dilakukan yaitu melindungi data privasi. Karena itu, gunakan kata sandi layar kunci untuk mengunci layar. Dan, tambahkan juga kata sandi untuk Folder Pribadi Anda.

Untuk pengguna smartphone, temukan folder pribadi Di HP Anda dan buatlah kata sandi unik yang rumit dengan tujuan untuk mengenkripsi/mengamankan data dari penggunaan pihak lain. Meskipun Anda sudah membuat kata sandi untuk layar kunci, kata sandi folder pribadi dapat berfungsi sebagai sistem keamanan kedua yang dapat diandalkan.

Apa itu Folder Pribadi? 

Folder Pribadi adalah tempat penyimpanan data/file pada perangkat yang dilindungi dengan kata sandi. Untuk perangkat pc atau laptop, folder pribadi mungkin lebih banyak menampilkan informasi khusus yang Anda buat sendiri. Seperti misalnya nama folder yang akan Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan.

Tapi untuk perangkat handphone, folder pribadi memang sudah tersedia pada menu yang dapat dibuka pada aplikasi. Seperti aplikasi iManager pada HP Vivo, atau brankas file pada HP Oppo.

Lalu apa bedanya dengan kata sandi untuk layar?

Kata sandi folder pribadi berada di dalam kata sandi untuk layar. Bayangkan jika gembok pintu gerbang rumah Anda adalah kata sandi untuk layar, maka kata sandi folder adalah gembok untuk brankas almari yang ada di dalam kamar. Anda tentu mengetahui bahwa almari berada di dalam kamar, sedangkan kamar berada di dalam rumah.

Jadi, kata sandi folder pribadi memiliki beberapa lapis sistem keamanan untuk data Anda.

Manfaat Menyimpan File Pada Folder Pribadi

Demi keamanan suatu data, tempat penyimpanan harus aman dan dilindungi dengan kata sandi. Kata sandi atau password seringkali digunakan ketika pengguna ingin mengunci suatu file.

Oleh karena itu, menyimpan file dan data adalah penting adanya agar kemananan file Anda selalu terjaga. Jika tidak ada perubahan dari yang Anda lakukan untuk mengunci layar beranda, kata sandi folder pribadi tetap dapat digunakan sebagai lapisan kedua yang melindungi data Anda.

Membuat Kata Sandi Folder Pribadi

1. Pertama, Anda memerlukan kata sandi 6 digit/angka. Mengapa menggunakan angka? Karena sistem kerja perangkat yang tersedia pada saat akan membuat kata sandi hanya menampilkan keyboard dengan angka.

2. Lalu buka aplikasi iManager (untuk Vivo) atau File Saya untuk HP lainnya. 

3. Di halaman iManager, temukan folder yang bernama "Brankas File". Seperti tangkapan layar di bawah ini.



4. Setelah Anda memilih brankas file ini, akan tampil "Masukkan kata sandi privasi Anda" dan tombol angka-angka untuk menulis angka.

5. Ketikkan 6 angka acak yang Anda jadikan sebagai kata sandi di bagian yang telah tersedia. Ulangi sekali lagi untuk memverifikasi kata sandi yang Anda buat.



6. Pastikan Anda mengingat 6 angka ini. Agar tidak lupa, catat di kertas lalu simpan di tempat aman. Catatan ini berguna jika suatu saat Anda lupa.

7. Halaman berikutnya akan menampilkan beberapa folder dengan nama-nama yang sesuai untuk memudahkan Anda menyimpan file. Diantaranya, ada folder: Foto, Video, Musik, Apk, File Zip dan lainnya.

8. Proses membuat kata sandi telah selesei. 

Berikutnya, Anda buka Galeri/Album untuk memilih foto atau video mana yang ingin Anda pindahkan ke folder pribadi Anda tersebut.

*Artikel ini adalah pembaruan dari artikel yang telah ada di situs ini.


Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Menghapus Peta Situs Yang Sudah Terkirim Ke Google Search Console

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Contact Form

Name

Email *

Message *