Terbaru

Cara Yang Membantu Agar Baterai Handphone Lebih Tahan Lama

Image
Source image: vivo.com Tips yang dapat membantu daya tahan baterai handphone Anda, berada di setelan asli bawaan handphone. Aplikasi 'Pengaturan' adalah tempat yang menjadi setelan dari sebagian besar fitur yang ada di setiap perangkat handphone Android. Salah satu fitur baterai yang memerlukan perhatian agar dapat bertahan lebih lama adalah menjaga daya baterai. Daya baterai yang besar tidak akan bermanfaat jika baterai tersebut tidak mampu mensuplai kebutuhan energi listrik untuk menjalankan semua aplikasi yang ada pada handphone. Jika Anda memiliki handphone yang memiliki fitur baterai dengan daya besar, menjaga agar baterai tersebut dapat bertahan lebih lama adalah tindakan yang bijak. Anda memulai hari dengan membuka aplikasi sosial untuk membagikan hasil kerja. Kawan-kawan dalam grup Anda yang telah menjadi rekan kerja online di usaha kedai kopi online milik Anda, telah berjalan dalam lingkungan bisnis jual beli produk kopi. Mereka akan tergantung kepada Anda ketika memer

Cara Memindahkan File Dari Laptop Lama Ke Laptop Baru

Transfer file dari laptop lama ke laptop baru adalah memindahkan file dengan memilih antara opsi pindah dan salin. Dalam artikel ini, proses transfer file menggunakan opsi salin(copy file). Keterangan mengapa memilih opsi copy file adalah karena copy file memberi keamanan tentang file asli yang masih tersimpan. 

Pertimbangan pengguna untuk membeli laptop baru dan mentransfer semua data dari laptop lama adalah berdasarkan pada usia dan kinerja perangkat. Semakin lama perangkat di gunakan maka semakin berkurang kinerjanya. Memiliki laptop baru sangat diperlukan apabila laptop lama sudah tidak memungkinkan untuk bekerja keras karena sudah cukup 'tua'. Salah satu kendala bagi pengguna laptop baru adalah kesulitan untuk mentransfer atau memindahkan file dari komputer lama. Hal ini karena ukuran file dapat mencapai hingga ratusan gigabyte. Pada akhirnya banyak pengguna yang berpikir, transfer file ini membutuhkan waktu lama dan sulit bila dikerjakan sendiri. Sebenarnya, tidak perlu menyewa jasa ahli atau teman yang ahli untuk melakukan transfer data,karena Anda dapat melakukan sendiri dengan cukup mudah. 

Pengguna yang akan membeli laptop baru, akan mencoba untuk memeriksa spesifikasi yang ada dan menyesuaikan dengan besarnya budget. Laptop baru ringan jika digunakan,dan ini yang kita harapkan ketika kita sudah memindahkan file dari laptop lama. Untuk budget di bawah 5 juta, spesifikasi sebuah laptop untuk bekerja dalam mode menengah mungkin sudah lebih dari cukup. Mode menengah artinya kinerja prosesor yang sudah terukur untuk menjalankan software menengah. Jika di paksakan untuk menjalankan software berat,mungkin laptop Anda kurang maksimal kinerjanya.Jika profesi Anda adalah seorang desainer rumah atau desainer mesin, Anda memerlukan perangkat yang mendukung profesi Anda dengan kemampuan menjalankan software desain. Dan pada umumnya, software desain memiliki file besar dan berat untuk ukuran laptop berspesifikasi standard biasa. Dalam hal ini, Anda memerlukan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi. 

Proses transfe file dengan memindahkannya,dan memilih opsi 'pindahkan' akan menyertakan file asli. Karena file asli tidak meninggalkan file salinan, maka sangat disarankan untuk membuat file back up sebelum Anda memindahkan file Anda tersebut. Kita tidak tahu apa yang akan yang akan terjadi ketika proses transfer atau pemindahan file sedang berlangsung, tiba- tiba laptop Anda mengalami masalah mati sendiri secara mendadak. Penyebabnya mungkin karena suhu panas akibat dari kinerja hardware yang sudah mulai berkurang, kipas bawaan mati, atau ada kesalahan sistem yang tanpa kita ketahui. Karena itulah, agar transfer file dari laptop lama ke laptop baru tidak membuat Anda khawatir, gunakan opsi 'salin' atau copy untuk memindahkan file. Dengan opsi copy ini file asli masih tersimpan di laptop lama.

Bila tujuan Anda untuk memindahkan file dari laptop lama Anda ke laptop baru adalah agar Anda tidak kehilangan file-file penting dan sebagian besar file pada laptop lama memang masih Anda perlukan, maka Anda dapat memilih 3 cara di bawah ini. Yang penting, Anda lakukan sendiri tanpa menyewa jasa orang lain. Berikut cara yang bisa Anda praktekkan. 

1. Gunakan Hardisk External 

Pilihan pertama, Anda dapat menggunakan alat penyimpanan external dahulu yaitu Harddisk external atau biasa disingkat HDD external. Perangkat khusus untuk menyimpan data ini juga bisa menjadi lokasi untuk backup data. Meskipun sistem pada laptop Anda juga menyediakan cara untuk membuat file backup, namun dengan Anda membuat file backup pada HDD external, Anda memiliki tempat di luar sistem Anda atau diluar laptop Anda, yang aman untuk menyimpan file-file Anda yang penting. Bagaimana jika menggunakan flshdisk? Flasdisk juga bisa berguna untuk menyimpan file dan sama fungsinya seperti HDD external, namun melihat kapasitas maksimal yang ada, mungkin HDD external lebih diutamakan sebagai perangkat peyimpanan data 

Memindahkan file menggunakan HDD external akan membuat proses transfer file lebih mudah. Cara pertama ini mungkin membutuhkan waktu, bergantung besarnya file yang akan Anda copy ke HDD external. Anda membutuhkan waktu karena Anda melakukan tranfer 2 kali,dari laptop ke HDD external dan dari HDD external ke laptop baru. Namun dalam hal ini Anda bisa melakukannya sendiri. HDD external bisa Anda beli seharga Rp400 ribuan hingga diatas satu juta, tergantung kebutuhan kapasitas dan kecepatan perangkat HDD tersebut. Semakin mahal semakin baik, juga semakin cepat proses transfer datanya. Langkah yang Anda lakukan juga mudah. Cukup pilih file yang inginkan dan copy file Anda tersebut ke HDD external. 

Anda tidak harus memindahkan semua data pada laptop lama Anda. Mungkin suatu saat Anda memerlukan file yang masih tersimpan di laptop lama. Dengan begitu kapasitas penyimpanan pada laptop baru Anda masih tersisa cukup banyak. Setelah selesai, hubungkan kabel USB HDD external ke laptop baru Anda lalu balik prosesnya. Ini berarti proses transfer data dari HDD external ke laptop baru Anda. Pada umumnya,proses transfer file dari HDD external ke laptop baru lebih cepat. Hal ini karena perangkat pc maupun laptop generasi terbaru menyediakan port eSATA. Port eSATA adalah tempat terhubungnya perangkat yang khusus digunakan untuk menyambungkan HDD external. Dengan port eSATA maka proses copy file bisa lebih cepat dibanding port USB. 

2. Transfer File Ke Cloud Storage

Cloud Storage adalah layanan penyimpanan yang ada di internet. Sesuai namanya yang bermakna cloud atau awan. Cara ini  memerlukan data internet pada sistem perangkat agar dapat mengunggah file ke layanan. Diperlukan juga akun email untuk proses login ke layanan Cloud Storage. Membeli HDD external membutuhkan biaya tambahan. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan layanan penyimpanan awan ini. Ada banyak sekali layanan untuk pengguna yang memang disediakan tanpa ada biaya. Jika Anda berminat, Anda bisa mulai dari yang gratis. Layanan Cloud Storage yang gratis dan mudah Anda gunakan ada seperti Microsoft One Drive atau Google Drive.

Untuk login ke layanan Microsoft One Drive atau Google Drive, Anda memerlukan email aktif. Jika Anda sudah memiliki akun Google,dengan alamat email Gmail, maka Anda bisa menggunakan layanan Google Drive. Anda yang memiliki email Yahoo maupun email pribadi, semuanya bisa Anda gunakan. Untuk langkahnya hampir sama dengan transfer file menggunakan penyimpanan HDD external. Yang Anda perlukan adalah akses internet untuk login ke layanan Cloud Storage. Selanjutnya, pilih file Anda yang ada pada laptop lama dan upload ke penyimpanan awan pilihan Anda. Tunggulah hingga proses unggah selesai. Untuk memindahkan file yang telah tersimpan di layanan Cloud, proses download yang diperlukan. Di sini, besarnya data dan kecepatan internet akan mempengaruhi proses download. 

Agar proses upload dan download berjalan lancar, Anda memerlukan layanan untuk akses internet cepat. Dalam artikel tentang layanan akses internet, layanan WiFi bisa menjadi pilihan. Salah satunya adalah IndiHome. Artikel tentang IndiHome bisa Anda baca selengkapnya di Cara Mendaftar Ke Layanan Internet WiFi IndiHome .

3. Gunakan Kabel Data Link

Pilihan ketiga adalah menggunakan kabel data link. Kabel data link adalah kabel transfer data yang dirancang khusus untuk memindahkan file antar perangkat berOS Windows maupun ke sistem operasi pc lainnya.. Dari informasi yang ada pada halaman review tentang kabel data ini,kecepatan transfer file mencapai hingga 480 Mbps. Dengan kecepatan ini, file Anda sebesar 10 GB memerlukan waktu kurang dari 2 menit untuk menyalin dan memempati lokasi penyimpanan di laptop baru. Penggunaan kabel data link yang langsung menghubungkan satu perangkat laptop ke laptop lain menjadikan proses transfer file semakin lancar. 

Untuk Anda yang ingin memindahkan file dari laptop OS Windows ke laptop MAC menggunakan kabel data link, maka  Anda memerlukan kabel data yang mendukung kedua sistem operasi tersebut.  Beberapa kabel data link kini dilengkapi dengan fitur switch mode. Fitur ini akan mengaktifkan pilihan antara transfer dari PC ke PC atau PC ke MAC. Dengan alat ini proses copy dapat Anda lakukan sendiri dengan lebih mudah. Untuk informasi tentang tipe dan harga kabel data link ini, Anda bisa mencarinya di toko online. 

Kesimpulan

Cara transfer file seperti yang Anda lakukan seperti langkah-langkah di atas adalah beberapa cara mudah untuk Anda lakukan sendiri. Di banyak situs yang menulis tentang tutorial Windows,panduan belajar komputer atau tema situs serupa,Anda dapat membaca informasi yang lebih lengkap di sana. Namun demikian,dengan sedikit informasi yang sudah tertuang di halaman ini,semoga Anda memperoleh informasi tentang cara transfer file dari laptop lama ke perangkat laptop Anda yang baru.

Baca juga: Anda Bekerja Dengan Teks?Jangan Pindah File Anda Tapi Salinlah

Comments

Unitro Pulsa terbaru

Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Cara Mengatasi Jaringan 4G LTE Yang Tidak Stabil