5 Cara Mudah Menghasilkan Uang Melalui Blog



Jika Anda baru beberapa bulan mengelola blog, Anda adalah pemula. Sebagai pemula, Anda tentu ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang sudah Anda buat.

Memonetisasi blog artinya Anda menghasilkan uang dari blog tersebut. Ada beberapa layanan gratis untuk membuat dan mengelola blog. Seperti misalnya Blogger dan Wordpress. Ada banyak cara memonetise blog dan sebagian besar berasal dari pengguna blog pribadi. Dibawah ini informasi tentang 5 cara mudah untuk Anda agar dapat menghasilkan uang melalui blog. Untuk membantu agar hasil Anda mengelola blog bisa maksimal, Anda dapat menjalin kerjasama dengan beberapa orang penulis sebagai tim kecil. Namun, jika Anda ingin sendirian saja untuk mengelola blog, Anda memerlukan waktu.

Menghasilkan Uang Melalui Blog

Meskipun sebenarnya disebutkan ada banyak cara menghasilkan uang dari blog, namun berikut ini informasi yang mewakili cara paling mudah dilakukan meskipun Anda sendirian mengelola blog.

1. Melalui Penjualan Iklan

2. Dengan Langganan

3. Melalui Pelatihan Online

4. Menjual Produk Affiliasi

5. Menjual Produk Anda

Mengelola blog secara online dalam tim kecil mungkin dapat membantu. Partner Publisher berkembang bersama ribuan penerbit independen seperti Anda untuk menjual iklan. Baca artikelnya di Strategi Pintar Penjualan Iklan Digital Bersama Ezoic

Melalui Penjualan Iklan

Penjualan iklan berarti penawaran inventaris situsweb atau blog. Inventaris banyak di sebutkan sebagai bagian utama ekosistem iklan digital. Inventaris mewakili setiap halaman dari blog Anda. Halaman "Beranda" dari blog Anda adalah salah satu inventaris yang dapat Anda jual. Ini artinya, beberapa tempat kosong pada bagian bawah judul, diantara postingan dan di bawah halaman dapat menjadi lokasi potensial untuk iklan dapat ditayangkan. 

Berapa harga inventaris yang Anda inginkan, dimana lokasi yang dipesan pengiklan dan berapa lama iklan dapat ditayangkan adalah informasi detail tentang pesanan iklan. Pesanan iklan adalah transaksi antara Anda dan pembeli. Transaksi penjualan iklan digital memuat dua cara umum yaitu transaksi tradisional dan terprogram. Dua cara transaksi ini dapat Anda buat nanti ketika lalu lintas blog Anda sudah memiliki peringkat tinggi.

Sebagai permulaan memonetise blog melalui penjualan iklan, Anda dapat mendaftar menjadi penerbit iklan Google atau dari jaringan iklan pihak ketiga lainnya. Banyak pengiklan atau pembeli yang mewakili pengiklan mencari blog yang memiliki nice tertentu. Meskipun lalu lintas blog nice tersebut masih dibawah 10ribu tampilan halaman jika dihitung perbulan, Anda dapat menayangkan iklan dari jaringan iklan yang ada, seperti misalnya Google AdSense, dan akhirnya mendapatkan penghasilan.


Meraih penghasilan dari iklan untuk pemula yang mengelola blog pribadi mendasari cara kerja sistem PPC atau Pay Per Click. Sistem kerja PPC memungkinkan Anda menayangkan iklan dan jika ada pengguna yang melakukan klik iklan, Anda akan mendapatkan uang. Anda mungkin mendapatkan uang sebesar Rp. 1000 untuk setiap klik iklan oleh pengunjung blog Anda. Meskipun hasil yang Anda dapatkan kecil namun seiring waktu bersama artikel-artikel baru yang Anda terbitkan, blog Anda akan semakin berkembang. 

Dengan Langganan

Jika Anda memiliki kemampuan menulis artikel yang bagus dan disukai pengunjung, Anda dapat memanfaatkan Langganan mingguan atau bulanan untuk artikel seputar minat pengguna. Anda dapat menentukan harga jika memang pelanggan Anda setuju untuk menerima buletin atau artikel baru.

Langganan adalah cara kerja yang melibatkan pengunjung blog yang memiliki minat yang sama dengan pengelola blog. Ini berarti, ada salah satu tema blog yang khusus menguraikan tentang sesuatu topik. Informasi seputar ikan hias mungkin dapat menarik pengunjung yang memiliki kesukaan memelihara ikan hias. Jika blog Anda banyak menulis artikel nice ikan hias, Anda dapat menawarkan langganan dan tarif per-artikel melalui blog Anda tersebut.

Untuk membuatnya, Anda dapat memasang postingan pada navigasi atas halaman yang menawarkan langganan tiap minggu atau bulan.

Melalui Pelatihan Online

Jika Anda memiliki kemampuan khusus untuk membuat gambar dan mendesain mesin, membuat blog dengan bekal pekerjaan Anda yang rutin setiap hari tersebut dapat menjadi cara kedua untuk menghasilkan uang. Seperti misalnya, jika ada orang yang menanyakan bagaimana cara membuat gambar kerja mesin menggunakan software, maka Anda dapat membuka pelatihan online langsung melalui blog atau akun khusus.

Pelatihan online banyak di cari oleh orang-orang yang memerlukan guru privat tanpa terhalang jarak. Dengan sarana internet dan akun sosial untuk membuat acara kursus online, Anda dapat menawarkan satu halaman pada blog tentang cara kerja, jam kerja dan materi yang akan menjadi bahan pelatihan. Anda juga dapat membuat paket-paket pelatihan yang menawarkan discount pada hari tertentu. Dengan  cara tersebut, pengguna yang mungkin tidak berniat mencari cara belajar online akan tertarik dan mendaftar untuk menjadi peserta baru.

Menjual Produk Affiliasi

Anda dapat memilih untuk menjadi affiliate. Kemudian mengambil produk affiliasi dan membuat postingan review tentang suatu produk yang dijual dari program afffiliasi tersebut. Secara umum, affiliasi adalah cara kerja online bagi pemilik blog untuk menjual barang tanpa harus membuat atau memiliki barang tersebut secara langsung. 

Anda mungkin telah mengetahui informasi tentang situs Amazon, Clickbank, JV Host dan beberapa nama situs retailer besar yang lain. Situs tersebut adalah situs online yang populer digunakan oleh para pelaku bisnis online sebagai affiliate marketer. Tugas affiliate marketer hanya melakukan promosi barang dagangan, mengambil properti barang untuk diupload di blog pribadi mereka lalu jika ada ada pengguna yang mengunjungi blog, affiliate tersebut mendapatkan catatan sebagai perantara. Catatan ini adalah tautan affiliasi untuk Anda dari pemilik barang yang Anda promosikan.

Dari aktifitas menulis di blog, Anda di bekali dengan menu untuk membuat tautan affiliasi tanpa harus menulisnya secara manual. Anda hanya perlu menyalin dan menempel tautan affiliasi Anda di tempat yang Anda tandai sebagai produk yang dijual online. Kemudian, sistem kerja dari jaringan affiliasi yang Anda ikuti akan melacak secara otomatis siapa dan barang apa yang sudah laku terjual. Jika hasilnya mencatat bahwa nama Anda yang berhasil menjual barang, Anda akan mendapatkan uang dari hasil penjualan yang Anda promosikan. Mungkin uang yang Anda peroleh dari hasil penjualan Anda sebagai affiliate lebih dari 50 persen dari harga produk.

Produk affiliasi dapat mencakup barang fisik dan juga barang digital. Untuk situs yang ada di Indonesia, beberapa nama situs e-commerce mungkin menyediakan program affiliasi bagi pengguna. Melalui blog, Anda dapat memulai membuat konten baru bersama dengan review dari produk affiliasi.

Menjual Produk Anda

Menjual produk fisik dari tempat yang mampu menjangkau pembeli secara luas adalah melalui internet. Salah satu cara yang dapat menampilkan properti produk dan layanan ke internet adalah melalui halaman blog. Anda mungkin pedagang asesoris handphone di rumah. Dengan blog, Anda dapat menjangkau pembeli dari tempat yang jauh, misalnya luar daerah dan luar kota.

Sebagai pelaku usaha kecil menengah, persiapan yang Anda butuhkan akan melibatkan sebagain besar cara kerja melalui internet. Blog Anda menjadi satu tempat yang potensial untuk menjangkau para pembeli. Meskipun Anda dapat membuat toko online di situs belanja online, namun, blog Anda tetap menjadi halaman utama bagi pembeli Anda jika mereka ingin mengetahui tentang usaha Anda.

Memulai usaha jualan online dengan membuat, menampilkan dan memberi informasi kepada pengguna melalui halaman-halaman blog merupakan cara yang lebih luas untuk menjangkau pembeli. Mungkin ada keterlibatan antara jasa pengiriman barang dan sistem digital dari pelacakan barang yang sudah terjual. Dengan blog Anda yang sudah memiliki banyak pengunjung, kesempatan menjual produk Anda sendiri melalui jalur internet tidak menghalangi Anda untuk tetap menjual di tempat Anda berada.

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Cara Masuk Ke BIOS Laptop Lenovo B490 20207

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Konsep Awal Perencanaan Untuk Membangun Online Shop Sendiri

Contact Form

Name

Email *

Message *