NFT Menunjukkan Milik Anda Yang Berharga




NFT singkatan dari Non Fungible Token, artinya token yang tidak dapat ditukar. Ini adalah nilai tetap yang tersimpan di "internet terdesentralisasi" sebagai data digital dari semua yang Anda miliki. Makna " internet terdesentralisasi" adalah tehnologi baru di internet yang disebut Blockchain. 

Berbeda dengan pengertian Fungible, yang berarti sepadan atau memiliki nilai yang sama, dan dapat ditukar. Sebagai contoh untuk memahami Fungible, Anda meminjam uang kepada teman Anda sebesar Rp. 100.000. Teman Anda memberi selembar uang yang nilainya Rp.100.000, (uang berwarna merah). Pada saat Anda mengembalikan, Anda tidak harus memberinya dengan uang yang sama. Maksud saya, Anda boleh mengembalikan dengan 2 lembar 50ribu, atau pecahan 5 lembar 20ribu. Yang penting, nilai uang tetap Rp.100.000. Itu adalah konsep Fungible, nilai yang dapat di tukar.

Di NFT, nilai tidak dapat ditukar. Jika Anda memiliki foto kenangan bersama bintang film kesukaan Anda dan ada tanda tangan asli dari bintang pujaan Anda itu, Anda merasa foto itu adalah foto yang sangat berharga. Jika ada teman Anda ingin menukar foto Anda dengan kartu ucapan selamat ulang tahun, Anda tidak akan menyerahkan ke teman Anda, bukan? 

Mengapa Anda tidak rela menukar foto Anda dengan kartu ucapan selamat ulang tahun? Jawabannya adalah karena Anda merasa foto Anda bernilai tinggi, tidak sebanding dengan kartu ucapan selamat ulang tahun. Disisi lain, tidak mungkin Anda merobek foto Anda menjadi 2 bagian, dan menukar sebagian foto dengan kartu ucapan selamat ulang tahun. 

Tiga Hal Utama Yang Mewakili NFT

Ada banyak uraian yang menjelaskan tentang NFT sekarang. Semenjak blockchain Ethereum memperkenalkan program komputer yang disebut "kontrak pintar", NFT muncul bersama istilah DeFi, Dapp, DEX dan Metaverse. Masih ada yang lain, namun beberapa nama asing ini masih terasa asing hingga sekarang, khususnya untuk pengguna internet secara umum.

Sebagai bagian dari informasi yang berjalan menuju web 3.0, artikel ini membantu memahami dengan mudah, apa sebenarnya NFT itu. Jika Anda merasa tidak menemukan jawaban yang sesuai atau masih merasa bingung, ada tiga hal utama yang menggambarkan NFT,

1. Unik
2. Langka
3. Tidak Dapat Dipisah

Memahami Sifat NFT Yang Unik, Langka dan Tidak Dapat Dipisah

Ada sebuah lukisan abstrak yang dilukis oleh seseorang. Sebuah lukisan abstrak dapat bernilai tinggi karena unik, langka dan tidak dapat dipisah. Tidak setiap orang memiliki kemampuan membuat lukisan abstrak. Yang pasti bukan saya, atau Anda sekarang yang sedang membaca artikel ini. Karena tidak setiap orang bisa membuat lukisan abstrak, oleh sebab dituntut sifatnya yang unik, langka dan tidak dapat dipisahkan. Hal inilah yang menyebabkan lukisan abstrak bernilai tinggi. Namun, tidak dengan NFT.

Iya, itu benar. Jika demikian sulit membuat lukisan abstrak, pada kenyataannya, setiap orang dapat membuat NFT dan tidak terbatas hanya pada lukisan abstrak, juga bernilai tinggi. Anda dapat melihat, berapa banyak gambar kartun dapat menjadi NFT. Bukan hanya saya dan Anda, tapi semua orang pemegang handphone dapat membuat NFT. Meskipun mereka tidak memiliki kemampuan melukis, memrogram komputer, atau mendesain, tapi mereka mempunyai foto kenangan yang tersimpan di perangkat mereka. Anda mungkin juga sudah memiliki sebuah foto kenangan semasa muda, yang beraksi melompat di atas air dan hasil tangkapan kamera menunjukkan Anda sedang melayang. Lalu, teman Anda juga menjawab bahwa dirinya mempunyai koleksi foto serupa namun berbeda gaya.

Siapapun dapat membuat representasi diri mereka ( foto mereka) menjadi NFT oleh karena unik, langka dan tidak dapat dipisah. Mengapa demikian? Karena hanya Anda yang memiliki foto yang seakan melayang diatas air dan Anda merasa gambar itu sangat memukau, sangat berharga, unik dan langka. Itulah NFT. 

Bagaimana dengan NFT Anda? Sudah berapakah jumlahnya sekarang?

Bandingkan NFT  Dan Yang Berharga Dari Hak Milik

NFT mewakili bentuk "sertifikat digital" yang Anda miliki, tetapi, NFT tersimpan sebagai data digital di jaringan Blockchain. Bukan di internet secara umum. Sebagai NFT, mereka adalah benda utuh yang memiliki sifat yang tidak dapat disamakan, atau tidak dapat "dipecah". Apapun yang Anda miliki dan tersimpan sebagai data, misalnya, foto selfi Anda, lukisan, aset di game online, jika Anda merasa mereka sangat berharga, itu adalah NFT.

Bayangkan juga sebagai contoh lainnya seperti berikut:

Jika Anda mempunyai surat rumah/SHM atas nama Anda sendiri, berkas berbentuk beberapa lembar kertas itu adalah kertas berharga yang menjadi status tertinggi tentang Hak Kepemilikan atas rumah Anda. Dengan demikian, Anda merasa bahwa sertifikat tanah itu sangat berharga. Namun, NFT dapat melakukan lebih dari status tertinggi kepemilikan rumah seperti yang termuat dalam sertifikat rumah Anda. 

Jika Anda menjual rumah Anda, SHM memang masih menunjukkan bahwa nama Anda adalah yang memiliki hak atas tanah dan bangunan (rumah). Tetapi, bagaimana jika pembeli rumah melakukan Balik Nama? Apakah bisa? Tentu saja bisa. Pembeli dapat mengurus balik nama SHM melalui PPAT dan mengubah data dari nama Anda ke namanya (nama pembeli). Data Anda di buku induk Badan Pertanahan, - misalnya, yang sebelumnya memiliki hak atas tanah dan rumah, - sekian meter persegi, sekarang, sudah dihapus dan diganti dengan nama orang yang membeli rumah Anda

Setelah SHM rumah Anda sudah berganti nama menjadi nama pembeli, - di buku induk Badan Pertanahan sebelumnya, Anda tidak memiliki lagi hubungan atas tanah dan rumah yang sebelumnya Anda miliki. Semua aset atau properti rumah menjadi milik pembeli.Tetapi, tidak dengan NFT. 

NFT menunjukkan data pemilik yang sebenarnya, meskipun data itu sudah berpindah ke pemilik baru. Seolah-olah data Anda tertutup tetapi nama Anda dapat dilihat oleh semua orang.

NFT Tersimpan Di Blockchain

Tehnologi Blockchain adalah tehnologi baru yang melindungi hak milik pribadi dan kekayaan intelektual data apapun. Melindunginya dengan sistem enkripsi/keamanan tingkat tinggi yaitu kriptografi. Meskipun secara imajinasi Blockchain ada sebagai ruang digital, namun, bentuk nyata dari Blockchain ada didalam memori setiap perangkat pengguna. Data apapun yang dapat disimpan pada memori perangkat, dapat dijual sebagai NFT.

Anda mungkin menanyakan, seperti apakah bentuk data digital? Jawabannya, semua data yang Anda simpan di kartu memori atau memori internal pada perangkat Anda. Kemudian, jika Anda mengupload dan ingin menyimpannya di layanan penyimpanan awan - seperti Google Drive atau Drop Box - foto atau data Anda sama seperti umumnya file lainnya, itupun juga berlaku sama sebagai data digital.

Mungkin sulit memahami tehnologi Blockchain - ada huruf B kapital di awal kata - itu seperti apa bentuknya, atau dimana tempatnya. Namun secara mudah, tehnologi Blockchain adalah jaringan internet di perangkat Anda yang sekarang ini Anda gunakan. Ini adalah jaringan internet yang tidak terbatas dan tidak dikendalikan oleh satu layanan, tetapi dikendalikan/dipegang oleh semua orang di dunia yang terhubung ke internet. Dengan kata lain, Blockchain ada "didalam" kuota internet, bukan diantara Indosat, Telkomsel atau XL.

Seperti yang tertulis di atas, tempat yang Anda gunakan untuk menyimpan NFT bukan di jaringan internet yang biasa digunakan orang untuk menyimpan data, tetapi mereka (NFT) ada di jaringan Blockchain.


Comments

Popular Post

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Cara Mengatasi Jaringan 4G LTE Yang Tidak Stabil

Contact Form

Name

Email *

Message *



Unitro Pulsa Network