Tampilkan Cuplikan Kaya Pada Blog Dengan Markup Data Terstruktur


Di internet, ada ratusan juta situs web atau blog yang sedang tayang saat ini dan ada jutaan blog dengan tema yang sama yang berlomba-lomba untuk tampil di halaman pertama mesin pencari. Relevansi kueri kata kunci yang di cari pada search engine bergantung kepada masing-masing kebutuhan pengguna yang bersangkutan. Ada pengguna yang mencari tentang dunia bisnis online, maka yang nanti muncul di halaman pencarian Google adalah situs-situs tentang artikel, gambar, video tentang bisnis online tersebut. Begitu juga dengan kata kunci lainnya, misalnya tentang perawatan burung berkicau, mobil terbaru keluaran dari brand tertentu, tutorial membuat website dan lain sebagainya.

Contoh Untuk Situs Bertema Bisnis Online

Kita yang mempunyai blog dengan tema khusus tentang bisnis online berusaha agar blog kita itu bisa bermanfaat buat pembaca. Setiap hari kita menulis tentang bisnis online. Kita berusaha membuat artikel baru yang benar-benar asli tanpa copypaste artikel milik situs lain. Kita membuat judul artikel yang menarik agar pengunjungi blog kita. Beberapa kata kunci juga sudah kita sertakan di antara postingan dan berharap agar kata kunci tersebut bisa tersaring oleh kata pencarian dari pengguna internet.

Informasi-informasi dari berbagai sumber baik saat kita akses internet maupun ketika kita jalan-jalan di kota terdekat, bisa menjadi bahan untuk kita jadikan posting di blog kita nanti. Apabila ada sesuatu yang menarik untuk kita ambil sebagai foto, yang terkait dengan tema blog bisnis online,kita jepret menggunakan ponsel kita yang mempunyai kamera beresolusi besar dengan sudut yang lebar. Barangkali saja, hasil foto ini bisa kita jadikan sebagai gambar pendukung untuk melengkapi artikel kita selanjutnya.

Bagi Anda yang sekarang adalah seorang penulis, satu kalimat tentang bisnis online bisa menjadi 5 paragraf baru yang unik dan menarik. Dan satu paragraf hasil dari pengembangan satu kalimat yang memuat kata kunci terkait artikel tentang bisnis online Anda tadi, kini sudah menjadi satu halaman web yang menarik untuk dibaca.bMenjadi satu bahan bacaan yang mampu membuat pengguna berkunjung kembali ke blog Anda. Dan memberi nilai lebih di hasil kueri tentang tema blog Anda,bkhususnya dalam algoritma sistem search engine Google, Bing, Yahoo dan yang lainnya.

Beberapa situs yang turut tampil di halaman depan pencarian oleh pengguna internet,telah lebih dulu tampil di atas URL blog Anda.Selisih 2 peringkat diatas judul artikel blog Anda,namun tetap dalam halaman awal pencarian kata kunci tentang "bisnis online".Jadi,dalam artikel tentang bisnis online yang Anda publikasikan 2 jam yang lalu,blog Anda tersebut masuk dalam 5 besar halaman blog yang memuat artikel tentang bisnis online.Beberapa nama-nama situs di bawah Anda juga turut memperkenalkan situs mereka masing-masing,dengan cuplikan singkat yang menjelaskan isi dari artikel selanjutnya.

Buat Artikel Anda Agar Memuat Data Kaya Di Halaman Penelusuran

Anda mungkin akan bertanya,bagaimana caranya agar blog Anda bisa seperti itu?,saat melihat nama blog di atas blog Anda,yang menjadi urutan pertama di halaman pencarian,terdapat bagian menarik yang tampil.Bagian menarik ini adalah tampilnya gambar di sebelah cuplikan artikel dari blog yang menjadi urutan atas di halaman pencarian.Disertai beberapa ikon share di sosial media dan logo blog yang bersangkutan.Pemilik blog ini sangat paham sekali ilmu SEO ya..,sampai blognya menampilkan beberapa "data kaya" yang menjadi pemikat pengguna internet untuk menentukan pilihan mengunjungi dan membaca apa artikel selengkapnya.

Judul yang menarik dan deskriptif dari blog Anda yang tampil pada halaman Google,sebenarnya juga termasuk dalam salah satu data kaya ini.Keterkaitan judul suatu halaman post/artikel dan isi artikelnya,akan menampilkan cuplikan tentang tema suatu blog.Karena itu,apabila Anda hendak membuat judul untuk artikel baru,carilah judul halaman yang mewakili keseluruhan dari artikel yang telah Anda buat.

Deskripsi penelusuran,yang ada pada menu Setelan >>Preferensi Penelusuran>>sebelah kanan atas,pilih Aktifkan Deskripsi Penelusuran.

Juga bisa menjadi alternatif untuk menampilkan cuplikan blog kita agar muncul di halaman pencarian.Isi dengan deskripsi singkat tentang tema blog Anda,pada kotaknya lalu Simpan.Bila dalam hasil kata kunci oleh pengguna ada yang sesuai dengan deskripsi yang telah Anda tulis,maka blog Anda akan menampilkan apa yang sudah tersimpan di hasil deskripsi singkat tadi.

Mendeskripsikan secara singkat blog dengan tema khusus milik Anda,lebih mudah dilakukan daripada menambahkan Markup Data Terstruktur.Tetapi,dengan penambahan markup pada halaman blog Anda,dan pada saat bersamaan Anda tidak menempatkan kesalahan pada halaman yang sudah Termarkup tersebut,blog Anda akan lebih besar prosentasenya dalam hasil pilihan untuk dikunjungi oleh pengguna internet.Sesering mungkin.

Awal memberi data kaya yang menjadi cuplikan menarik suatu situs/blog,hasilnya belum begitu Anda lihat.Ini karena,sistem perayap situs atau disebut Crawling membutuhkan waktu beberapa hari untuk dapat merayapi seluruh halaman dari blog Anda,hingga sampai pada bagian-bagian yang mengandung kode-kode dari data terstruktur itu.Menambahkan markup data terstruktur pada halaman kode sumber dari blog Anda,akan meningkatkan hasil penelusuran di halaman Google,karena mesin perayap yang bertugas 24 jam sehari ini,menyukai blog yang unik dan asli hasil karya tulis sendiri.

Markup Data Terstruktur

Data kaya atau cuplikan kaya adalah tampilan unik dan menarik perhatian pada suatu blog atau situs di halaman pencarian Google.Tampilan menarik ini biasanya disertai dengan gambar,logo,breadcumbs,rating,dan lain-lainnya dan menjadi tampilan yang mewakili properti blog atau situs tersebut.Inilah yang dinamakan Markup Data Terstruktur.

Beberapa properti unik ini dapat tayang di halaman pencarian karena sesuai dengan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna internet pada kotak pencari di browser.Sehingga karena tampilannya yang menarik dan berbeda dengan blog yang lainnya,kesempatan untuk dikunjungi oleh orang-orang pengguna internet semakin besar.Meskipun sebenarnya blog dengan cuplikan kaya itu tidak berada di urutan pertama halaman hasil pencarian Google.

Untuk Anda web master blog,khususnya yang mempunyai blog dari domain induk blogspot,buatlah agar artikel pada blog Anda memiliki salah satu markup data terstruktur ini.Kunjungi Google Search Console pada dasboard blog Anda.

Memulai Memberi Markup Data Terstruktur

Pada Setelan,di dasboard blog Anda,arahkan perhatian ke Preferensi Penelusuran>>sebelah kanan,Google Search Console>>Edit.

Di dasboard Search Console,Anda seharusnya sudah menjumpai blog Anda tampil di sebelah kanan,di bawah baris menu kesehatan blog dengan tombol berwarna orange,dengan tulisan Tambahkan Properti.

Jika blog Anda belum tampil,itu artinya Anda belum mendaftarkan blog ke Search Console.Pilih saja tombol Tambahkan Properti di kanan atas,dan di kotak isian yang tampil,masukkan alamat blog Anda lalu pilih tombol Tambahkan.

Pilih URL blog dan halaman akan berganti menjadi tampilan baru,dengan baris menu dropdown di sebelah kiri,ini adalah halaman Dasbor.

Di Dasbor,alihkan pada menu-menu di sebelah kiri,Anda akan melihat bagian-bagian dari dropdown menu yang menjadi pintu-pintu untuk mengakses lebih dalam lagi tentang hasil penelusuran blog Anda oleh pengguna internet.
  • Pesan
  • Tampilan Penelusuran
  • Lalu Lintas Penelusuran
  • Index Google
  • Perayapan
Anda bisa mengetahui statistik perayapan yang telah melewati blog Anda.Di sisi lain,Anda bisa mengetahui apakah ada halaman dari blog Anda yang bermasalah dan hilang.

Fokuskan lagi pandangan pada menu di bawah menu Pesan,ada Tampilan Penelusuran dengan ikon huruf i kecil.Pilihlah ikon huruf i tersebut, disitu termuat menu terkait Markup Data Terstruktur,yaitu kotak halaman Ikhtisar Tampilan Penelusuran,tampilan dari jenis-jenis data terstruktur yang didukung yang termuat ada di bagian kiri,sedangkan bagian kanan adalah bentuk tampilan dari contoh-contoh jenis data yang sudah di beri Markup,yang tampil di halaman penelusuran Google hasil kueri oleh pengguna.

Jenis-jenis data terstruktur yang tampil,dari mulai atas ada:
Judul,Cuplikan,Tautsitus,hingga yang bawah sendiri yaitu Breadcumbs dan Cuplikan Kaya.Anda bisa memilih salah satu jenis data ini dan akan ada keterangan singkat yang akan memberi Anda tentang panduan selanjutnya untuk menambahkan data terstruktur.

Satu hal yang menjadi penting untuk Anda ketahui,bacalah bagian Pelajari Selanjutnya untuk membuka halaman panduan dalam menambahkan data terstruktur di blog Anda.

Baca artikel menarik lainnya: Cara Mengatasi Sinyal 4G Yang Tidak Stabil

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *