Apakah Perbedaan Web Dan Blog?




Web singkatan dari Website, sedangkan Blog singkatan dari Webblog. Diawal kemunculannya, Website dan Webblog menjadi media yang serupa fungsinya dengan koran dan majalah, namun memiliki satu tingkat tehnologi untuk menampilkannya kepada pengguna yaitu kemampuan untuk ditayangkan melalui internet ke layar perangkat modern. Tehnologi ini disebut online dan berbentuk kertas digital. 

Sebagai bagian dari tehnologi digital, keduanya sama sebagai media/tempat yang dapat menampilkan beragam informasi, dan hanya dapat dilihat melalui perangkat elektronik yang terhubung ke internet atau online. Perangkat elektronik yang dapat terhubung ke internet saat ini ada tiga, yaitu: HP, Tablet dan Komputer.

Perbedaan Web Dan Blog

Orang-orang sekarang dapat menjangkau beragam informasi melalui perangkat mereka tanpa harus membeli koran atau surat kabar. Meskipun serupa dan tanpa membawa banyak persamaan dari cara membaca informasi, Web dan Blog menampilkan beberapa hal yang dapat Anda tandai sebagai berbeda.

1. Artikel Baru Yang Dipublikasikan

Website umumnya mewakili nama yang menampilkan suatu perusahaan, sedangkan Blog mewakili nama seseorang. Bentuk halaman yang menampilkan suatu "perusahaan penerbitan" akan memuat banyak nama-nama orang yang bekerja dan mengelola web tersebut. Ada penulis, editor, pengelola iklan, dan lainnya. Karena banyak orang yang bekerja, Website umumnya memiliki jadwal rutin untuk artikel baru yang online setiap menit. Sedangkan Blog, karena umumnya dikelola oleh orang pribadi, seperti Anda sekarang, hanya 1 saja yang menjadi penulisnya. Jadwal rutin untuk artikel baru dapat bervariasi, tergantung kepada pemilik blog untuk waktu yang ada buat menulis. Ada yang setiap hari, ada yang satu minggu 3 kali, dan ada yang satu bulan satu artikel.

2. Bentuk Tampilan Halaman Depan

Halaman depan atau Homepage adalah halaman yang menampilkan bagian depan dari suatu media online. Website memiliki tampilan Homepage yang lebih berkesan sebagai "info berita". Sehingga menampilkan banyak informasi dari semua topik terbaru dari semua informasi yang ada. Sedangkan Blog, ada keunikan dari satu sisi pokok bahasan tentang sesuatu. Ini adalah konten buatan pengguna yang bertema dari ketertarikan seseorang, - misalnya hobi, perjalanan wisata, keterampilan, dan lain sebagainya.

3. Nama Domain Tipe TLD (Top Level Domain)

Meskipun tidak harus memiliki domain TLD, domain akhiran .com, .id, atau .net seringkali menjadi ektensi nama domain untuk Website. Sedangkan Blog dapat menggunakan layanan dari host gratisan seperti Wordpress, Wix atau Blogspot. Banyak diantara pengguna layanan blog gratis juga merubah domain mereka melalui layanan hosting tertentu, sehingga dapat menampilkan alamat blog yang sama seperti web pada umumnya. Cara ini disebut kustom domain, yaitu mengganti domain induk dari layanan yang digunakan menjadi domain TLD.

4. Kolom Komentar

Website dibuat dari awal untuk tujuan informasi dengan membawa keterlibatan dengan pengunjung. Meskipun tujuan informasi tidak selalu tampak melalui tanggapan pengunjung, kolom khusus untuk komentar pembaca memang jarang ditemui. Bentuk halaman yang mayoritas memuat berita terbaru menjadikan tampilan halaman web yang selalu berganti. Dari satu menit ketika Anda mengunjungi website, Anda mungkin mendapatkan banyak artikel, mungkin ada lebih dari 10 artikel baru yang sudah diterbitkan dan ditulis oleh orang-orang yang berbeda nama.

Karena lebih fokus di halaman yang banyak menampilkan artikel baru, website tidak selalu menyertakan kolom komentar untuk pembacanya. Mereka lebih banyak menampilkan informasi daripada tanggapan dari pembacanya.

Berbeda dengan tampilan halaman Blog ketika Anda membaca artikel yang terbaru. Anda mungkin berada di halaman yang sudah diterbitkan dua hari yang lalu dan disana ada beberapa komentar dari pembaca tentang topik yang diuraikan. Kolom komentar selalu menjadi cara bagi pembaca berinteraksi dengan pembaca lain yang kebetulan memiliki minat yang sama di artikel yang sedang dikunjungi. Misalnya, artikel tentang hobi ikan hias, akan menampilkan komentar dari pembaca yang ingin mengetahui lebih banyak terkait budidaya ikan hias. Anda mungkin juga tertarik memberikan jawaban di kolom komentar berikutnya.

5. Halaman Footer 

Berikutnya adalah tampilan halaman yang terletak di bagian bawah, yaitu footer. Dalam website, halaman footer menampilkan menu khusus yang memberi informasi tentang beberapa nama terkait penerbitan. Ini memuat nama perusahaan, alamat, beberapa nama media lain yang menjadi jaringan informasi, dan kehadiran web di media sosial. Ada juga layanan yang menawarkan periklanan, kerjasama editorial, dan bentuk web dalam format aplikasi yang dapat diunduh.

Blog juga sama memiliki halaman footer, namun tidak banyak yang dapat di tampilkan. Mungkin ada tautan yang mengarahkan pengunjung ke akun sosial dari pemilik blog atau tampilan profil penulis pribadi. Anda dapat mengenalinya sebagai kartu profil penulis dengan foto orang yang mengelola blog tersebut.

Dari 5 hal yang tertulis di atas, jika Anda mengunjungi halaman informasi melalui ponsel Anda, ada sedikit perbedaan yang menandai bahwa halaman itu adalah Website atau Webblog.

Comments

Popular Post

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Cara Mengatasi Jaringan 4G LTE Yang Tidak Stabil

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Contact Form

Name

Email *

Message *



Unitro Pulsa Network