Isi Saldo E-Money Mandiri Menggunakan Aplikasi Unitedpay

Pengertian Tentang E-Money

Apakah E-Money Itu?

E-Money singkatan dari Elektronik Money, yang berarti uang elektronik, ini adalah istilah asing yang menjadi nama untuk hal yang berkaitan langsung dengan uang Anda yang Anda simpan di rekening bank Anda, tetapi berbeda penggunaannya. Jika uang Anda yang ada di rekening tabungan dapat Anda tarik tunai melalui mesin ATM, namun E-Money hanya dapat Anda gunakan untuk transaksi yang sifatnya online. Seperti belanja online, pembelian pulsa, pembayaran BPJS, PDAM, dan lainya.

Dompet Digital Menjadi Bagian Dari E-Money

Nama E-Money lebih dulu dikenal masyarakat sebagai layanan dari bank untuk pembayaran non tunai. Pembayaran non tunai artinya transaksi pembayaran tanpa menggunakan uang nyata tetapi menggunakan 'nilai nominal uang' yang ada pada rekening nasabah. Salah satu layanan uang elektronik untuk nasabah Bank Mandiri adalah E-Money Mandiri. Layanan ini tersedia di Unitedpay sebagai menu Uang Elektronik. Ini berarti,jika Anda yang ingin mengisi saldo E-Money Mandiri, Anda dapat menggunakan aplikasi Unitedpay.

Transaksi online artinya transaksi yang Anda lakukan via internet. Anda harus terhubung ke internet secara kontinyu agar sistem perangkat yang bekerja, baik disisi server aplikasi maupun server bank - dan tidak terkendala atau terjeda. Jika akses internet bermasalah pada saat Anda transaksi, maka Anda akan sering mengulang transaksi.

Jika Anda adalah nasabah bank BRI, Anda mungkin memiliki uang elektronik yang disediakan oleh bank Anda yang bernama BRIZZI. Layanan ini serupa dengan E-Money milik Bank Mandiri.

Perbedaan Umum Dompet Digital Dan E-Money

Secara umum, yang membedakan kedua layanan berbasis keuangan ini adalah bentuk fisiknya. Jika E-Money, berbentuk kartu seukuran kartu ATM, yang menyertakan chip di salah satu bagian sisi kartu. Chip yang ditanam merupakan sistem digital yang memuat informasi-informasi penting dari pihak bank yang telah membuat kartu E-Money tersebut. Jika ditafsirkan tentang sistem dan cara kerjanya, cara kerja chip ini mungkin serupa dengan bagian logam 'chip' yang ada di setiap kartu SIM. Ada pihak yang menjadi layanan pusat sebagai tempat tehnologi digital yang memuat informasi untuk transaksi dan selanjutnya dapat berkomunikasi dengan tehnologi pembayaran digital yang juga saling mendukung.

Sedangkan dompet digital, tidak ada bentuk kartu nyata. Jikalaupun ada, bentuknya adalah kartu digital yang tampilannya sama seperti 'foto kartu ATM' yang terlihat sebagai file foto. Ini berarti, dompet digital menggunakan layanan dari server pusat yang menjadi pihak pengembang 'suatu aplikasi' ponsel. Sehingga, akan menjadi lebih jelas kalau dompet digital itu adalah layanan keuangan yang berbasis aplikasi Android. Contoh nama-nama dompet digital yang dapat Anda doownload sebagai file aplikasi adalah DANA, GOPAY, ISAKU, LINKAJA dan lainnya.

Perbedaan lainnya dapat mencakup dari faktor keamanan, jumlah saldo minimal dan maksimal, transaksi maksimal dan batas penggunaan.

Faktor Keamanan

Dari faktor keamanan, dompet digital lebih aman dari pada E-Money. Keamanan dompet digital berasal dari cara atau metode ketika pengguna akan menggunakan aplikasi. Cara ini memerlukan login yang mewajibkan pengguna memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS. Kode OTP memuat kode angka, ini tidak ada yang tahu kecuali pemilik nomor SIM yang terdaftar pada layanan dompet digital tersebut. Cara yang lain, setiap transaksi untuk login, pengguna terdaftar wajib memasukkan nomor PIN tertentu yang telah menjadi nomor identitas untuk login.

Sedangkan uang elektronik, lebih rentan di gunakan orang. Ini karena wujud kartunya yang tampak seperti kartu ATM. Jika Anda lupa menaruh kartu di suatu tempat, atau kartu tersebut terjatuh, lalu ada orang lain yang menemukannnya, orang tersebut dapat leluasa menggunakan untuk belanja. Terlepas dari siapa pemilik asli dari uang elektronik itu. 

Untuk hal yang memerlukan pengisian ulang saldo, maksimal saldo yang mampu di tampung dompet digital lebih besar jika dibandingkan dengan uang elektronik. Dompet digital mungkin dapat menampung saldo hingga 10 juta rupiah, sedangkan uang elektronik hanya mampu di isi dengan jumlah saldo maksimal 1 juta rupiah.

Penggunaan E-Money Mandiri

Meskipun sama-sama digunakan sebagai sarana pembayaran digital, kedua layanan ini berbeda dalam penggunaan dari layanan yang tersedia.

Dompet digital lebih banyak di gunakan untuk pembayaran online menggunakan handphone, sedangkan uang elektronik, menggunakan kartu yang ditempelkan pada alat pembayaran yang tersedia di kasir toko atau mall. Jika melihat cara transaksinya, dompet digital cocok untuk pembayaran online via internet, sedangkan uang elektronik, lebih cenderung ke transaksi non tunai tetapi tanpa terhubung ke jaringan internet.

Cara Isi Saldo E-Money Mandiri

Untuk keperluan isi saldo E-Money Mandiri, beberapa nama aplikasi yang berbasis keuangan mungkin sudah menyediakan layanan ini. Unitedpay adalah salah satunya. Aplikasi ini adalah berbasis pulsa yang juga menyediakan produk terkait keuangan Anda. Salah satunya menu uang elektronik. Di menu ini, Anda bisa mengisi saldo E-Money Mandiri dengan mudah. 

Catatan: Transaksi isi saldo E-Money Mandiri ini menggunakan fitur NFC. Fitur ini ada pada handphone kelas menengah keatas yang ber-OS 8 ke atas. Ini mungkin tidak setiap tipe tersedia.
  
Berikut langkahnya:

1. Buka app Unitedpay. Pastikan akses internet Anda lancar.

2. Halaman 'Beranda' menampilkan menu-menu yang sudah tampil sebagai bagian dari produk aplikasi pulsa, paket internet, listrik PLN, dan menu lainnya.

3. Pilih menu Uang Elektronik lalu E-Money Mandiri.

4. Di halaman transaksi yang tampil, masukkan nomor kartu E-Money milik Anda. Ini adalah nomor yang ada pada salah satu sisi kartu. Pastikan nomor kartu yang Anda masukkan sudah benar.

5. Di bawahnya, isi saldo menurut pilihan jumlah nominal saldo. Jumlah nominal saldo yang tersedia di Unitedpay adalah 500 ribu rupiah.

6. Masukkan PIN transaksi Anda. Opsi PIN transaksi terisi otomatis dapat Anda lakukan di sini. Setelah Anda memasukkan PIN transaksi, aktifkan 'simpan PIN transaksi' dengan memilih tombol di sebelah kanannya.

7. Jika semua sudah lengkap, klik tombol Proses

Update Saldo

Setelah Proses, selanjutnya memastikan bahwa saldo E-Money Anda sudah terisi. Fitur NFC di handphone Anda berperan di sini.

8. Buka halaman 'Beranda' lalu klik menu Uang Elektronik dan E-Money Mandiri.

9. Di halaman, klik Cek Saldo lalu tempelkan kartu E-Money Anda di belakang handphone. Sistem NFC akan membaca nomor kartu dan jumlah saldo yang telah Anda isi sebelumnya.

10. Pastikan informasi tentang nomor kartu dan jumlah saldo sudah tampil di layar handphone Anda. Klik tombol Update Saldo.

11. Tunggu beberapa saat sampai informasi saldo Anda sudah tampil di layar handphone Anda yang ditandai dengan status sukses di centang hijau.

Informasi tentang tipe handphone apa saja yang sudah mendukung fitur NFC, berikut beberapa nama yang - mungkin, salah satunya Anda miliki.

1. Samsung Galaxy A51

2. Samsung Galaxy A71

3. Xiaomi Mi Note 10 Pro

4. Realme X2 Pro

5. Samsung Galaxy S10 dan S10+

6. Vivo X50 Pro

7. Huawei P40 Pro

8. Apple iPhone SE

Untuk nama yang lain, Anda mungkin dapat menelusuri informasinya lebih banyak di internet.

Baca jugaTransfer Uang Menggunakan Aplikasi Unitedpay


Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Contact Form

Name

Email *

Message *