Terbaru

Memaksimalkan Pendapatan Iklan Dengan Google Ad Manager

Image
Artikel ini melengkapi Cara Menggunakan Google Ad Manager Untuk Menyangkan AdSense . Anda baru sebagai penerbit iklan Google? Atau, Anda mungkin sudah menayangkan iklan dari jaringan iklan selain Google? Baik Anda penerbit iklan Google atau bukan, Anda dapat menggunakan  salah satu produk Google untuk mengelola iklan Anda, yaitu Google Ad Manager. Di bawah ini informasi menarik tentang Google Ad Manager. Mempelajari dan mendapatkan informasi tentang Google Ad Manager di halaman Bantuan  memerlukan pengertian yang mendalam tentang apa sebenarnya Google Ad Manager itu. Mungkin memerlukan beberapa kali membaca satu halaman tentang, misalnya, inventaris, unit iklan, penempatan dan nilai kunci, sponsorship, langsung terprogram, dijamin terprogram dan lainnya. Jika tidak, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memahami konsep tentang Google Ad Manager. Salah satunya informasi tentang cara membuat kampanye iklan di blog Anda. Informasi tentang cara membuat kampanye iklan di blog Anda

Mengenal Fitur NFC Sebagai Tehnologi Transfer Data Dan Pembayaran

Source image: vivo.com - Vivo X50 Pro

Tehnologi NFC yang yang disertakan pada handphone berfungsi sebagai cara yang dapat dilakukan oleh perangkat agar dapat berkomunikasi dengan perangkat lain yang juga memiliki tehnologi yang sama. Fitur dari awal mula ketika handphone Android mulai dikenal adalah versi yang menyebutkan sebagai Android 4, dimana saat itu, penggunaannya lebih banyak kepada hal yang berkaitan dengan kirim data, belum mengalokasikan untuk tujuan yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Jika informasi ini telah lama sudah Anda ketahui, 

Kemudian, setelah beberapa waktu berlalu, fitur NFC dimanfaatkan untuk cara bertransaksi untuk pembayaran non tunai. Transaksi non tunai berarti transaksi yang dilakukan tidak menggunakan uang nyata tetapi menggunakan nilai nominal mata uang. Sehingga sekarang, fitur NFC menjadi tehnologi modern untuk komunikasi antar perangkat elektronik, termasuk handphone ber-OS.

Bagaimana Komunikasi Antar Perangkat Bisa Terjadi?

Gelombang elektromagnetik tidak terlihat secara nyata tetapi membuat sesuatu gejala yang mengusik akal manusia untuk bertanya. Sehingga, ketika ada sesuatu yang berubah dari keadaan benda bersuhu normal menjadi panas, berubah warna akibat perbedaan suhu, atau hal lainnya, maka hal itu akan menjadi menarik bagi akal untuk mencari tahu mengapa hal itu bisa terjadi. 

Tehnologi NFC memanfaatkan gelombang radio atau disebut juga gelombang elektromagnetik. Jika di ilustrasikan, NFC di gelombang elektromagnetik ini adalah bentuk terlihat nyata sebagai bayangan handphone / HP yang dapat Anda lihat, maka Anda dapat melihat seperti bayangan Anda ketika terkena cahaya matahari. Kemudian, ditanyakan kembali, bagaimana bayangan benda bisa menyentuh benda lainnya? Yang pasti, handphone yang memiliki bayangan tadi harus berada di dekat dengan benda lainnya, hingga benar-benar bayangan dari handphone tersebut dapat 'menyentuh' . Mungkin ada jarak sekitar 5 sampai 10 centimeter.

Ketika bayangan HP sudah menyentuh benda lain, yang mana benda tersebut juga memiliki tehnologi untuk 'menerima komunikasi' dari wujud bayangan HP di dekatnya, mungkin inilah komunikasi yang dapat terjadi ketika dua HP berfitur NFC dapat saling berkomunikasi, sehingga dapat menampilkan informasi pada layar masing-masing. Pengguna perangkat yang melihat informasi dilayar akan menarik kesimpulan yang secara otomatis akan menyetujui proses ini telah terverifikasi. Selanjutnya, transaksi yang menjadi data untuk memulai proses pembayaran memungkinkan pengguna menekan tombol untuk menyetujui transaksi tersebut.

Komunikasi Yang Menampilkan Informasi

Istilah komunikasi antar perangkat elektronik bermakna pada tehnologi digital yang bernama 'bahasa program. Jika Anda membaca artikel berbahasa Jawa, maka Anda harus mengerti bahasa Jawa. Untuk mengetahui informasi di situs luar negeri yang kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, maka Anda harus menguasai bahasa Inggris.

Begitu pula yang ada pada tehnologi NFC, termasuk bahasa program lainnya yang banyak di kenal, maka perangkat yang akan 'berkomunikasi' ini, juga harus dibekali dengan tehnologi yang sama. Dengan tujuan agar komunikasi dapat menjadi informasi yang diterima dan dimengerti oleh sistem yang ada pada perangkat tersebut.

Menginformasikan tentang tehnologi digital kepada  pengguna dapat membantu mereka yang mungkin sedang mencari informasi ini. Salah satunya adalah tentang cara kerja NFC ketika akan digunakan. Cara kerja NFC cukup mudah. Jika handphone Anda sudah memiliki fitur ini, Anda hanya perlu mengaktifkannya dan 'mendekatkan' bagian belakang ponsel dengan perangkat yang menjadi penerima NFC.

Proses komunikasi dimulai di bagian ini. Setelah terdengar suara yang menandai kedua perangkat sudah terhubung, secara otomatis data yang di kirim melalui udara akan berubah menjadi informasi yang dapat Anda lihat pada layar handphone Anda.

Sejarah Singkat NFC

NFC adalah tehnologi komunikasi yang meneruskan  tehnologi pendahulunya dari pertama ditemukan. Anda mungkin sudah mengetahui informasi transfer data menggunakan Infrared. Pada masa kepopuleran handphone Nokia, infrared menjadi tehnologi tertinggi untuk cara mengirim dan menerima data, - foto, video, suara - , dengan mudah. 

Fitur NFC pada handphone Android mulai diperkenalkan sebagai tehnologi komunikasi jarak dekat antar perangkat elektronik pada tahun 1983. Menurut sumber yang saya dapat di situs Wikipedia, sejarah perkembangan NFC menyebutkan,

" Akar NFC berasal dari Identifikasi frekuensi radio, atau RFID. RFID memberikan izin pembaca untuk mengirimkan sinyal radio untuk tag elektronik pasif sebagai identifikasi, autentifikasi dan mencari jejak". 

"Pada 1983, Paten pertama yang berhubungan dengan singkatan RFID diberikan kepada Charles Walton". Dari awal mula tehnologi ini hingga berkembang di tahun 2014, vendor ponsel pintar ternama Apple,menyematkan fitur NFC pada aplikasi dan mengumumkan Apple Pay sebagai fitur pembayaran NFC untuk perangkat iPhone 6, iPhone 6 Plus dan Apple Watch".

Ini artinya, tehnologi NFC bukan tehnologi baru yang kini mulai dikenal pengguna. Meskipun sejak era sebelum ponsel dikenal orang banyak sebagai alat komunikasi, dikalkulasi dari tahun pertama ketika hak paten diberikan pada tahun 1983 hingga sekarang, sudah 35 tahun tehnologi ini ada diantara fitur-fitur yang ditanamkan pada perangkat, khususnya perangkat handphone ber-OS.

NFC Sebagai Cara Transaksi Non Tunai

Sistem pembayaran elektronik menggantikan cara pembayaran secara tunai. Sistem pembayaran elektronik artinya sistem pembayaran dengan uang digital yang tersimpan pada dompet digital. Istilah dompet digital mulai ramai di kenal dan digunakan orang-orang ketika internet sudah menjadi cara baru untuk membayar. Penggunaannya yang mudah   untuk membayar secara online melalui ponsel mereka, menjadikan dompet digital banyak di kembangkan para developer aplikasi. Sehingga sekarang, sebagai aplikasi pembayaran, dompet digital cukup membuat Anda dan pengguna handphone tidak perlu keluar rumah jika akan membeli secara offline maupun online.

Fitur NFC berkembang bersama kemunculan e-commerce, layanan pembayaran pulsa, token listrik, pembayaran kartu postpaid dan termasuk dompet digital. Ini menjadi satu dalam suatu nama dari aplikasi Android yang berbasis keuangan. Dengan NFC, sebagian produk yang ada pada aplikasi-aplikasi dapat dilakukan ketika diperlukan. Jika tidak, pengguna hanya perlu terhubung ke internet, lalu bertransaksi sebagaimana yang dilakukan ketika belanja online langsung pada situs e-commmerce.

Transaksi non tunai tidak memerlukan bentuk fisik dari uang Anda, namun memerlukan nilai nominal dari uang Anda. Jika nilai nominal saldo pada dompet digital milik Anda tersedia 100.000, maka nilai ini sudah bisa Anda gunakan untuk pembayaran non tunai memalui fitur NFC. Bagaimana jika saldo Anda 0 (nol) rupiah? Jika saldo dompet digital Anda nol rupiah, Anda dapt mengisi lagi saldo Anda dengan menggunakan aplikasi yang menyediakan layanan pengisian saldo untuk dompet digital. Sehingga,Dengan fitur NFC yang ada pada perangkat, Anda bisa memperbarui status jumlah saldo Anda. Cara kerja sistem pada OS Android akan mencari fitur NFC dan menandainya sebagai validasi dari transaksi Anda ketika Anda menambah saldo melalui aplikasi.

NFC Sebagai Cara Untuk Transfer Data

Sebagai tehnologi digital yang memanfaatkan gelombang radio, NFC dapat menggantikan fitur bluetooth dan WiFi ketika dua pengguna ingin berbagi data. Lain halnya dengan bluetooth yang mengharuskan ada syarat untuk terhubung dan WiFi yang mewajibkan password, NFC hanya perlu mendekatkan ke perangkat lain yang juga memiliki NFC. Jarak terjauh adalah 20 cm dan jarak terdekat dapat menempelkan bagian belakang kedua handphone agar sinyal dapat saling berkomunikasi untuk mengirim dan menerima data.

Membuka Setelan Untuk Mengaktifkan NFC

Tidak semua handphone memiliki fitur NFC. Jika Anda memiliki handphone dengan OS Android 9 ke atas, Anda mungkin sudah memiliki perangkat ini. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah. Seperti berikut langkah untuk mengaktifkan setelan NFC.

1. Buka handphone dan pastikan internet sudah aktif.

2. Di aplikasi pintasan layar, geser layar hingga tampil ikon-ikon setelan yang termasuk dalam setelan default.

3. Aktifkan NFC dengan memilih ikon NFC

4. Anda sudah bisa menggunakan handphone Anda untuk pembayaran non tunai.

Apakah Transaksi Dengan Fitur NFC Aman?

Sistem keamanan ketika Anda menggunakan NFC hanya sebatas Anda dengan penjual. Jarak terdekat yang menghubungkan dua perangkat adalah 4 cm. Jika antara Anda dan penjual tidak ada perangkat yang menjadi  alat untuk mencuri data Anda, semua transaksi Anda aman tanpa ada gangguan.

Perbedaan NFC Dilihat Dari Tehnologi Pendahulunya

Sebelum NFC hadir bersama handphone berOS, beberapa tehnologi yang menjadi cikal bakal fitur ini telah lebih dulu di temukan. Ini diawali oleh infrared, Bluetooth, dan WiFi yang paling akhir sebelum NFC. Kalau infrared mengharuskan kita meletakkan setiap perangkat pada jarak yang dekat sekali untuk mengirim data, Bluetooth bisa lebih fleksibel. Jarak antar perangkat bisa lebih jauh dengan kecepatan pengiriman data yang signifikan. Bluetooth menggunakan frekuensi radio khusus untuk mengirim data lebih efektif ketimbang infrared. Ponsel lama seperti Nokia, IBM, Ericsson, sudah mulai menggunakan tehnologi Bluetooth. Setelah beberapa waktu berlalu, ketika Android sudah mulai dikenal, tehnologi berganti bersama WiFi. Kelebihan WiFi dari kecepatan transfer dan kirim data yang tinggi serta jarak yang cukup jauh, membuat fitur WiFi menjadi fitur unggulan di setiap handphone berOS. WiFi seakan menjadi tehnologi yang tak tergantikan. Berbeda daerah yang membuat komunikasi antar pengguna meskipun pengguna tidak memiliki pulsa atau paket internet, dengan WiFi ini,  emua keperluan akses inttrnet dan komunikasi jarak jauh menjadi semakin mudah. Tetapi, tehnologi yang terus berkembang telah menemukan kembali fitur canggih yang telah ada lebih dulu, untuk di buat kembali sebagai sarana yang lebih baik dari yang sudah ada. Inilah fitur NFC pada handphone kelas atas saat ini. 

Nama Handphone Yang Mendukung Fitur NFC

Apa nama handphone pintar yang sudah mendukung fitur NFC? Jika melihat dari sejarah perkembangannya, fitur NFC sudah mulai dikenal di akhir tahun 1990 hingga awal tahun 2000-an. SAMSUNG tetap menjadi brand ponsel pintar yang menyertakan NFC. Pertama kali diperkenalkan, fitur NFC di tanamkan pada handphone SAMSUNG NEXUS S yang di buat pada tahun 2010.

Hingga sekarang nama-nama perangkat berOS Android yang mendukung fitur NFC diantaranya adalah:

1. Vivo X 50 Pro, Vivo V20 SE

2. Nokia 4.2, Nokia 3.1 Plus dan Nokia 5.3

3. Samsung Galaxy A21S 6

4.   Asus Zenfone 5

5. Redmi Note 8 Pro

Untuk nama-nama handphone yang lain yang masih belum tertulis, Anda mungkin memiliki sumber yang lebih banyak untuk menginformasikan. 

Baca Juga: Cara Mengubah Keyboard Model Phonepad Menjadi Qwerty

Comments


Advertisement

Unitro Pulsa terbaru


Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Layanan Upgrade Kartu IM3 3G ke 4G Di Gerai Indosat Ooredoo

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Jaringan 4G LTE Yang Tidak Stabil